Buku ini akan membantu instansi pemerintah dalam melaksanakan survei tingkat kepusasan masyarakat melalui suatu metode pengukuran yang detail, jelas, dan mudah dipahami serta diterapkan. Metode pengukuran lndeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Plus juga memiliki nilai 'plus' yang tidak dapat ditemukan pada metode sejenis. Pembaca akan dipandu langkah demi langkah melaksanakan metode pengukuran IKM Pl…
For decades almost the only social scientists who visited Indonesia’s provinces were anthropologists. Anybody interested in politics or economics spent most of their time in Jakarta, where the action was. Our view of the world’s fourth largest country threatened to become simplistic, lacking that essential graininess. Then, in 1998, Indonesia was plunged into a crisis that could not be unde…
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, instansi pemerintah terus dituntut untuk melaksanakan dan mengembangkan program reformasi birokrasi. Salah satu program yang harus dijalankan adalah pengelolaan pengaduan. Dalam Permen PAN dan RB Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik, salah satu k…
The popular 1998 reformasi movement that brought down President Suharto’s regime demanded an end to illegal practices by state officials, from human rights abuse to nepotistic investments. Yet today, such practices have proven more resistant to reform than people had hoped. Many have said corruption in Indonesia is “entrenched”. We argue it is precisely this entrenched character that requ…