Menjadi seorang kritikus seni tidaklah mudah. Menurut Sal Murgiyanto, salah seorang maestro tari Indonesia, seorang kritikus harus memiliki kemampuan untuk membaca atau memahami sebuah seni pertunjukan, serta menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan pertunjukan tersebut. Ia harus memiliki wawasan/pengetahuan yang luas dan mendalam tentang sejarah, agama, budaya, sosial, dan politik yang dapat…
Penelitian ini mengambil sebagian kecil dari koleksi naskah yang dikumpulkan di wilayah Jawa, khususnya Yogyakarta dan Surakarta. Nama besar keraton di Yogyakarta dan Surakarta dianggap mewakili kebudayaan Jawa yang adiluhung. Namun demikian, belum lengkap jika potret kehidupan masyarakat Jawa yang berada di luar keraton, di daerah pinggiran, tidak diangkat untuk melihat dengan kerangka yang l…
This volume offers a new theoretical approach to cultural production inspired by the metaphor of culture as a virtual network. Following a thorough outline of this approach, the theoretical framework is elucidated in a second part through examples drawn from early modern European drama. A third and final part then presents a critical discussion of the concept of national culture and literature,…
In 1923, Victor Sjöström (1879-1960) got an offer from Goldwyn Pictures to come to Hollywood. This was nothing unusual for a successful European director: - Metro's bring - ing them in by car load - , as Photoplay stated in 1926. At the time, Sjöström was Sweden's most renowned director, who had become world famous for his austere and naturalistic film style. Sjöström stayed in Hollywood …